Madrasahku surgaku


Pada pagi ini peserta didik MA NU BANAT Kudus mengadakan kebersihan lingkungan madrasah dan sekitarnya. Kebersihan yang dilakukan para peserta didik MA NU BANAT KUDUS tidak hanya hari ini saja, melainkan setiap hari sebagaimana jadwal piket yang ada pada setiap kelas setiap harinya. Hal ini dimaksudkan menjalankan perintah agama sebagaimana dalam ayat al-Qur'an
ان اﷲ يحب التوابين ويحب المتطهرين  (البقرۃ ايۃ ٢٢٢
Sesungguhnya Allah menyukai orang yang bertaubat dan menyukai orang yang menyucikan diri

Hadits Nabi 
الاسلام نظيف فتنظفوا فانه لا يدخل الجنۃ الاْنظيف (رواه الطبراني)
Islam itu bersih maka jagalah kebersihan sesungguhnya tidak masuk surga kecuali orang yang bersih.

Kebersihan pagi ini bertepatan dengan surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia nomor SE1/MENLHK-PLSB3/PS/PLB.0/02/2020 Tentang hari peduli sampah nasional (HPSN) Tahun 2020 kabupeten Kudus yang isinya :


  1. Melaksanakan apel peduli sampah dan aksi bersih sampah di lingkungan OPD/Sekolah/Madrasah masing-masing pada hari jum'at 06 Maret 2020 pukul 07.00 WIB
  2. Melaporkan kegiatan dan hasil penimbangan pemilahan sampah (organik, an-organik) 
Sebagai madrasah islami MA NU BANAT KUDUS senantiasa menjalankan apa yang terdapat pada ajaran islam. Kebersihan merupakan penunjang dalam keberhasilan suatu pendidikan, karena jika lingkungan kotor tidak nyaman dalam kegiatan belajang mengajar. Adanya kebersihan yang diajarkan dalam islam bukan bentuk yang tidak bernilai melainkan bernilai tinggi, Oleh karena itu sebagai warga muslim sepatutnya menjunjung tinggi atas segala yang diajarkan dalam islam.

Madrasah Aliyah NU BANAT yang terletak di kota Kudus tidak lepas dari ciri kesantriannya karena madrasah ini juga diajarkan kitab-kitab salaf, selain itu madrasah ini juga memiliki pesantren bernama Yanabi'ul Ulul wa Rahmah yang didalamnya juga mengajarkan kitab-kitab salaf dan tahfidz Al-Qur'an dengan tujuan bisa memahami betul isi ajaran islam yang tertuang dalam Al-Qur'an, Hadtis, maqolah ulama'.
Kebersihan yang dilakukan setiap harinya merupakan implementasi dari ajaran islam yang tertuang pada Al-Qur'an, Hadits, beberapa maqolah ulama' yang tertuang dalam kutubus salaf yang setiap harinya dipelajari.



Penulis
Achmad Ulinnuha

Comments

SERING DI BACA

PANDANGAN FIKIH PADA FENOMENA REPLIKA DALAM TAKBIR KELILING

PEMBAGIAN DAGING QURBAN UNTUK ORANG MENINGGAL

KH. Mas Dain Amin pendiri madrasah BANAT NU

QURBAN DENGAN NIAT BERBEDA

PPYUR DAN HARI SANTRI

Hukum menitipkan amplop buwoh

Mengenal Aswaja

Melestarikan jam'iyyah Al-Qur'an dizaman akhir

Ulama' Kharismatik Kudus wafat