Hukum Selfi
Diskripsi masalah
Sekarang ini banyak kita jumpai dari berbagai kalangan baik tua maupun muda bahkan kita sendiri yang suka selfi maupun memfoto hewan dan lainnya baik dengan kamera maupun HP
ٌ
Pertanyaan
Bagaimana hukum memfoto orang / hewan, baik sekujur badan / setengah ?
Jawaban
Hukum mengambil gambar dengan foto adalah makruh tanzih ketika pengambil gambarnya sempurna, akan tetapi jika gambarnya tidak sempurna maka boleh.
Adapun jika berupa lukisan binatang, maupun manusia secara sempurna (utuh) maka hukumnya adalah haram karena ada unsur menciptakan dengan berdasarkan hadits, adapun jika hanya sebagian badan maka hukumnya boleh
Refrensi
قلت ولا يقال للصورة المأخوذ بالفوتغراف مجسمة إذ المجسمة ما كان لها ظلّ كما علمت , وحكم اتخاذها الكراهة التنزيهية اذا كملت وكان غير ممتهنة وتركها أولى إن كملت وامتهنت , والجواز بلاكرهة , ولا خلاف الأولى إذا لم تكمل مطلقا. (بلوغ الامنيۃ ص ٢٤۰)
إِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَة
فعلم أن المجمع على تحريمه من تصوير الأكوان ما اجتمع فيه خمسة قيود عند أولي العرفان أولها ؛ كون الصورة للإنسان أو للحيوان ثانيها ؛ كونها كاملة لم يعمل فيها ما يمنع الحياة من النقصان كقطع رأس أو نصف أو بطن أو صدر أو خرق بطن أو تفريق أجزاء لجسمان ثالثها ؛ كونها في محل يعظم لا في محل يسام بالوطء والامتهان رابعها ؛ وجود ظل لها في العيان خامسها ؛ أن لا تكون لصغار البنان من النسوان
فإن انتفى قيد من هذه الخمسة . . كانت مما فيه اختلاف العلماء الأعيان. فتركها حينئذ أورع وأحوط للأديان
“Maka dapat dipahami bahwa gambar yang disepakati keharamannya adalah gambar yang terkumpul di dalamnya lima hal.
1.gmbar brp manusia / hewan.
2.gambr dlm bntuk yg sempurna yg mana tak ada sesuatu yg mghalangi/mencagah hidupnya gambar trsbt, seperti kepala yg terbelah, setengh badan, perut, dada, terlebih perut atau terpisahnya bagian tubuh.
3.gambar berada di tempat yang dimuliakan, bukan berada di tempat yg biasa diinjak dan direndahkan.
4. Ada bayangan dr gambar tersebut dalam kasat mata.
5.gambar bukan untuk anak-anak kecil dr golongan wanita.
Jika salah satu dri 5 perkara di atas tidak terpenuhi, maka gambar demikian merupakan gambar yg masih diperselisihkn di antara ulama.
Meninggalkan (menyimpan gambar demikian) merupakan perbuatan yang lebih wira’i dan merupakan langkah hati-hati dalam beragama” (Sayyid Alawi al-Maliki al-Hasani, Majmu’ fatawa wa ar-Rasa’il, hal. 213)
رواءيع البيان في التفسير ايۃ الاحكام ج ٢ ص ٤١٥)
وقال الإمام النووى: إن جواز اتخاذ الصور إنما هو إذا كانت لا ظل لها وهى مع ذلك مما يوطأ ويداس أو يمتهن بالاستعمال كالوسائد وقال العلامة ابن حجر فى شرحه للبخري حاصل ما فى اتخاذ الصور أنها إن كانت ذات أجسام حرم بالإجماع وإن كانت رقما فى ثوب فأربعة أقوال: الأول: يجوز مطلقا عملا بحديث إلا رقما فى الثوب الثانى: المنع مطلقا عملا بالعموم الثالث: إن كانت الصورة باقية بالهيئة قائمة الشكل حرم وإن كانت مقطوعة الرأس أو تفرقت الأجزاء جاز قال: وهذا هو الأصح الرابع: إن كانت مما يمتهن جاز وإلا لم يجز واستثنى من ذلك لعب البنات
imam Nawawi menjelaskan bahwa boleh menggunakan gambar ketika tidak memiliki bayangan, selain itu gambar tersebut juga biasa diinjak atau direndahkan(kurang d mukyakan) penggunaannya, sprti bantal.
Imam Ibnu Hajar al-‘Asqalani saat mensyarahi kitab Imam Bukhari mengatakan, “Kesimpulan dalam penggunaan gambar bahwa sesungguhnya jika gambar memiliki bentuk tubuh (jism) maka haram secara ijma’. Jika gambar hanya sebatas raqm (gambar) dalam baju, maka terdapat empat pendapat. Pertama, boleh secara mutlak, berdasarkan redaksi hadit.
الا رقما في الثوب
D atas (kecuali gambar dalam baju).
Ke 2, haram secara mutlak, berdasarkan keumuman redaksi hadits.
Ke 3, jika gambarnya dapat menetap dengan keadaan yang dapat berdiri sendiri, maka hukumnya haram. Namun jika gambarnya terpotong kepalanya atau terpisah bagian tubuhnya maka boleh. Pendapat ketiga ini merupakan pendapat yang ashah (paling kuat). Keempat, jika gambarnya merupakan gambar yang dianggap remeh maka diperbolehkan, jika tidak dianggap remeh (diagungkan misalnya) maka tidak diperbolehkan. Dikecualikan dari permasalahan di atas adalah mainan anak kecil
الموسوعة الفقهية الكويتية -
اسْتِعْمَال وَاقْتِنَاءُ الصُّوَرِ الْمَقْطُوعَةِ :
إِِذَا كَانَتِ الصُّورَةُ - مُجَسَّمَةً كَانَتْ أَوْ مُسَطَّحَةً - مَقْطُوعَةَ عُضْوٍ لاَ تَبْقَى الْحَيَاةُ مَعَهُ ، فَإِِنَّ اسْتِعْمَال الصُّورَةِ حِينَئِذٍ جَائِزٌ ، وَهَذَا قَوْل جَمَاهِيرِ الْعُلَمَاءِ مِنَ الْحَنَفِيَّةِ وَالْمَالِكِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ وَالْحُجَّةُ لِذَلِكَ مَا مَرَّ أَنَّ جِبْرِيل قَال لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرْ بِرَأْسِ التِّمْثَال فَلْيَقْطَعْ حَتَّى يَكُونَ كَهَيْئَةِ الشَّجَرَةِ وَفِي رِوَايَةٍ أَنَّهُ قَال : إِنَّ فِي الْبَيْتِ سِتْرًا ، وَفِي الْحَائِطِ تَمَاثِيل ، فَاقْطَعُوا رُءُوسَهَا فَاجْعَلُوهَا بِسَاطًا أَوْ وَسَائِدَ فَأَوْطِئُوهُ ، فَإِِنَّا لاَ نَدْخُل بَيْتًا فِيهِ تَمَاثِيل وَلاَ يَكْفِي أَنْ تَكُونَ قَدْ أُزِيل مِنْهَا الْعَيْنَانِ أَوِ الْحَاجِبَانِ أَوِ الأَْيْدِي أَوِ الأَْرْجُل ، بَل لاَ بُدَّ أَنْ يَكُونَ الْعُضْوُ الزَّائِل مِمَّا لاَ تَبْقَى الْحَيَاةُ مَعَهُ ، كَقَطْعِ الرَّأْسِ أَوْ مَحْوِ الْوَجْهِ ، أَوْ خَرْقِ الصَّدْرِ أَوِ الْبَطْنِ
Comments
Post a Comment